Pernahkah ketika Anda sedang buang air kecil, pada saluran kencing keluar cairan kental yang menyerupai nanah? Jika pernah, maka Anda dapat dipastikan menderita gonore atau sering disebut sebagai kencing nanah.

Gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling banyak diderita oleh pria. Menurut data Kementerian Kesehatan RI tahun 2015, penduduk pria di Indonesia yang menderita gonore mengalami peningkatan sebesar 5% dari tahun sebelumnya. Hal tersebut menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan dalam dunia medis dan menjadi sorotan bahwa penyakit menular seksual masih menjadi pekerjaan rumah yang sangat sulit untuk diatasi.

Berikut 4 fakta penting mengenai gonore pada pria yang perlu Anda ketahui:

Gejala

Berikut beberapa ciri-ciri Anda terkena penyakit gonore:

1. Keluarnya cairan dengan tekstur kental menyerupai nanah dari ujung saluran uretra (saluran kencing).

Anda dapat dipastikan menderita gonore jika saat Anda sedang buang air kecil, Anda melihat adanya cairan seperti nanah yang ikut keluar dari ujung saluran uretra.

1. Anda merasakan sakit di area testis. Jika merasakan gejala seperti ini, Anda sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan klinis agar kondisi alat vital Anda tidak berada dalam kondisi yang berbahaya karena penyakit menular seksual.
  1. Anda merasakan demam tinggi beberapa hari setelah tertular infeksi bakteri gonore. Demam tinggi merupakan salah satu gejala gonore yang sering menyerang penderitanya ketika infeksi bakteri telah merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Jika Anda mengalami demam dan dua gejala gonore lain seperti pada poin nomor 1 dan 2, maka Anda dianjurkan untuk segera melakukan kunjungan medis ke dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK).

1. Adanya bengkak di area sekitar kulup. Ketika Anda menemukan kulup berwarna kemerahan dan terlihat seperti bengkak, maka Anda dapat dipastikan terkena gonore. Bakteri gonore dapat dengan mudah menyerang permukaan kulit kemaluan yang memiliki kadar kelembaban yang sangat rendah sehingga dapat dengan mudah membuat kulit menjadi bengkak dan memerah.

Lalu apa saja yang dapat menyebabkan Anda menderita gonore?

Ada beberapa penyebab dan faktor risiko yang membuat Anda menderita gonore, diantaranya:

1. Sering melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi gonore atau penyakit menular seksual lainnya.
  2. Melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman seks yang menyebabkan Anda dapat dengan mudah tertular penyakit menular seksual.
  3. Kebiasaan minum-minuman beralkohol yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda melemah.
  4. Anda menderita infeksi menular seksual lainnya yang menyebabkan Anda menderita gonore tingkat lanjut.

Bahaya

Ada banyak akibat yang dapat Anda alami jika tidak segera mendapatkan penanganan khusus untuk menyembuhkan diri Anda dari gonore. Beberapa diantaranya mungkin juga sangat berdampak buruk pada kesehatan Anda dan bahkan dapat merenggut nyawa Anda.

Berikut ini adalah bahaya yang ditimbulkan dari penyakit gonore yang Anda alami jika tidak segera mendapatkan penanganan:

1. Resiko tinggi mengalami penyakit reproduksi seperti pembengkakan kelenjar prostat yang berpengaruh terhadap kualitas reproduksi Anda dan bahkan dapat mengakibatkan kemandulan.
  2. Anda berpotensi d menderita infeksi testis yang berpotensi membuat Anda mengalami kanker testis.
  3. Anda dapat terkena penyakit menular seksual lainnya, salah satunya HIV AIDS.
  4. Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, infeksi gonore yang tidak mendapatkan penanganan khusus, akan membuat Anda mengalami gagal jantung.

Pengobatan

Sebelum Anda melakukan pengobatan infeksi gonore yang Anda derita, alangkah baiknya terlebih dahul

u melakukan konsultasi medis dengan dokter spesialis untuk mengetahui kronologi infeksi yang menyerang Anda. Pada sesi konsultasi, dokter spesialis akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh dan aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan selama 3 bulan terakhir.

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, dokter spesialis akan segera melakukan pemeriksaan awal atau diagnosa pada Anda untuk mengetahui gejala lain yang timbul dan tingkatan infeksi yang ada di dalam tubuh Anda.

Pengobatan akan diberikan kepada Anda ketika dokter spesialis telah mengetahui tingkatan infeksi yang diderita. Jika infeksi gonore yang Anda alami memiliki tingkatan rendah, maka dokter spesialis hanya akan memberikan Anda resep pengobatan antibiotik. Namun, jika tingkatan infeksi ternyata tinggi, maka dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan oral lain seperti penambahan jenis obat yang perlu dikonsumsi.